ANALISIS PENGEMBANGAN WISATA RELIGI MAKAM SYEKH ASNAWI CARINGIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Authors

  • Hani Muflihah Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Davis Gufron Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Sifatimatu Zahro Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Nella Yuliantina Universitas Mathla'ul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.30653/ijma.202331.71

Keywords:

Wisata Religi, Ekonomi, Masyarakat

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial sehingga untuk menyambung kehidupan sehari-hari mereka memerlukan interaksi dengan sesamanya. Di dalam sebuah masyarakat tentunya tidak lepas dari tradisi, karena tradisi kebudayaan akan selalu melekat pada diri masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wisata religi makam Syekh Asnawi Caringin pada pemberdayaan perekonomian masyarakat sekitar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat wisata religi di pemakaman Syekh Asnawi di desa Caringin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang yang ditemui, dan perilaku yang diamati. Lokasi penelitian ini dilakukan di sekitar penziarahan Syekh Asnawi Caringin. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan wawancara. Pengembangan wisata religi ini bermanfaat bagi pengelola makam, pedagang dan Wisatawan. Jumlah kendala yang terjadi pada pengembangan wisata religi Makam Syekh Asnawi Caringin sendiri terbilang cukup sedikit, akan tetapi berpengaruh besar kepada pengembangan wisata religi. Solusi untuk menyelesaikan kendala yang terjadi di makam syekh asnawi ini dengan cara bermusyarah baik dari pihak pengurus makam, pedagang dan masyarakat.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Fatimah, S. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK DAYA TARIK WISATA RELIGI (Studi Kasus di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak). In Ekp (Vol. 13, Issue 3).

Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).

Rawis, P., Posumah, J., & Pombengi, J. (2015). Pengembangan Objek Wisata Religius Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dan Pendapatan Asli Daerah (Pad) (Suatu Studi Pada Objek Wisata Bukit Kasih Toar Lumimu’ut Kanonang Kabupaten Minahasa). Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(029), 1298.

Suardi, D. (2021). Makna Kesejahteraan Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(2), 321–334. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i2.180

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (10th ed.). Alfabeta.

Widagdyo, K. G. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 73–80

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Muflihah, H., Gufron, D., Zahro, S., & Yuliantina, N. (2023). ANALISIS PENGEMBANGAN WISATA RELIGI MAKAM SYEKH ASNAWI CARINGIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT . International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.30653/ijma.202331.71

Issue

Section

Articles