PENGUATAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) LAYANAN SERTIFIKASI HALAL DI UNIVERSITAS PERSPEKTIF EMPLOYE BRANDING
Keywords:
Sertifikasi Halal, Universitas, Standard Operating ProcedureAbstract
Abstrak. Tujuan: Sertifikasi halal saat ini sudah menjadi layanan yang diregulasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia. Masyarakat sebagai pengguna memerlukan layanan yang mudah dijangkau. BPJPH melalui Pusat Halal yang ada di Universitas melakukan pengelolaan layanan yang efektif dan efisien. Metode: Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Melalui proses perancangan standard operating procedure layanan sertifikat halal di universitas. Hasil dan Pembahasan: dalam hal ini UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu melalui internalisasi nilai inti aparatur sipil negara BerAKHLAK : Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kompetitif. Kesimpulan: Hasil penelitian ini berupa flowchart yang menjadi bagian dari penguatan standard operating procedure untuk memberikan layanan terbaik dalam proses sertifikasi halal di perguruan tinggi.
References
Daftar Pustaka
Andivas, M., Cahyo, W. N., & Mansur, A. (2019). Desain Inovasi Sistem Pelayanan pada Bisnis Trasportasi dengan Metode Servqual dan Pendekatan TRIZ. Teknoin, 25(2), 126–133. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol25.iss2.art6
Arsil, P., Wicaksono, R., Hidayat, H. H., & Novitasari, D. (2022). Strategi Kerjasama Pengembangan Institusi Halal: Implementasi pada Halal Center. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 590. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3794
Ghafur, N. A., & Nahidlhoh, S. (2021). Kebijakan Rektor Universitas Trunojoyo Madura Tentang Pembentukan Halal Center UTM Sebagai Media Kontribusi Terhadap Masyarkat. Seminar Nasional Sosiologi, 2, 40–50.
Hakim, B. A. H., Mujahidah, A. S., & Rusydiana, A. S. (2022). Sentiment Analysis on Halal Certification. Harmoni, 21(1), 78–93. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i1.609
Lembaga Administrasi Negara. (2021). Modul Akuntabel. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Muhlisin, I., Darmawan, I., Yunan, U., & Septo, K. (2018). Analisis Dan Perancangan Standar Operasional Prosedur ( Sop ) Service Operation Menggunakan Iso 20000 Dan Itilv3 Dengan Metodologi Pdca ( Plan , Do , Check , Act ) Pada Unit Kerja Sistem Informasi Bagian It Support Pt Len Industri ( Persero ) Analysis and. Proceeding of Engineering, 5(3), 7097–7105.
Putra, R. P., Rachmawati, I., & Cholifah, Y. W. (2021). Digital Information Media of the Salman ITB Halal Center in improving Marketing Performance of Halal Lecture Program. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(1), 42–53. https://doi.org/10.29313/mediator.v14i1.6992
Putranto, H. A. (2019). Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center (UHC) Untuk Mendukung Peningkatan Pendapatan Bisnis Kampus. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(2), 79–91. https://doi.org/10.15642/manova.v2i2.195
Rachmi, A., Susanto, T. D., & Herdiyanti, A. (2014). Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT XZY Tangerang). Jurnal Teknik Pomits, 3(2), 175–180.
Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90–95.
