PERAN PRODUSEN DALAM MELINDUNGI KONSUMEN MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK

Authors

  • Abdul Qodir Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta
  • Ahmad Muhim Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30653/ijma.202441.107

Keywords:

Standar Kehalalan, Regulasi, Produk Halal, Sertifikat Halal.

Abstract

Sertifikasi halal merupakan salah satu jenis sertifikasi yang dapat memberikan ketenangan bagi konsumen muslim dalam membeli suatu produk. Selama proses ini, keuntungan yang diperoleh pemilik usaha atau produsen cukup besar. Mereka tidak hanya peduli dengan jaminan kualitas produk yang dihasilkan, tetapi juga memberikan informasi hukum kepada konsumen tentang produk yang diproduksi dan didistribusikan, serta melakukan penyelidikan lain terkait produk tersebut. Oleh karena itu, produsen bertindak sebagai penjaga standar kehalalan dan kepatuhan terhadap regulasi, sehingga konsumen memiliki kepercayaan penuh terhadap produk yang mereka beli.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produsen memberikan jaminan kepada konsumennya bahwa produk yang diedarkan adalah benar kehalalanya dan apa jaminan yang mereka berikan bahwa produknya telah halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini  berjenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosial berupa pendampingan terhadap pelaku usaha. Hasil dan Pembahasan Produsen meyakinkan pelanggannya bahwa produk yang dijualnya adalah benar halalnya. Selain itu, produsen juga memperoleh keuntungan dari proses sertifikasi produk halal dan dapat menjadi tolok ukur kualitas produk dan kepatuhan produsen terhadap regulasi mengenai sertifikasi produk halal.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa produsen berupaya untuk memberikan kepastian hukum tentang produk olahan yang diolah dan diedarkan adalah benar kehalalanya sesuai dengan tandar halal dengan dibuktikan melalui sertifikat halal yang dikeluarkan oleh pemerintah.

References

Abdurrahman Konoras. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia. Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Raja Grafindo Persada.

admin. (2024, February 5). Perlukah Perabotan Rumah Tangga Bersertifikat Halal. Indonesia Halal Training Center. https://ihatec.com/perlukah-perabotan-rumah-tangga-bersertifikat-halal/

Andriyani, A. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(2), 178. https://doi.org/10.24853/jkk.15.2.178-198

Aziz Siregar, F., Hasibuan, A. N., & Monitorir Napitupulu, R. (2023). Muslim Consumer Behavior Analysis at Halal Product In Indonesia. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i4.12944

Crisnaldy, A. (2021). Literature review metodologi penelitian. 1–21.

Faridah, H. D. (2019a). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research (JHPR), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78

Faridah, H. D. (2019b). Sertifikasi Halal Di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, Dan Implementasi. 2.

Hapsari, S. M. (2023). Knowledge Management Framework Implementation In Government To Increase Organization Performance. Interdiciplinary Journal and Hummanity (INJURITY), 2(6), 478–493. https://doi.org/10.58631/injurity.v2i6.80

Hasan, K. S. (2014). Kepastian Hukum Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2014.14.2.292

Maroje Višić. (2022). Connecting Puzzle Pieces: Systematic Literature Review Method In The Social Sciences. Sociologija, I(XIV), 544–562. https://doi.org/10.2298/SOC2204543V

Maulana, D. F., Makhrus, M., & Hasanah, H. (2022). The Urgency of MUI Halal Fatwa about Food, Beverage, Medicine and Cosmetic Products for the Consumer Protection. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi, 199–214. https://doi.org/10.24090/volksgeist.v5i2.6421

Mubarak, M. A. R. A., Malihah, L., Mu’minah, M., & Ma’mun, M. Y. (2023). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Al-Adl : Jurnal Hukum, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/al-adl.v15i1.7072

Mudjia Rahardjo. (n.d.). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Uin-Malang.Ac.Id. Retrieved March 9, 2024, from https://uin-malang.ac.id/blog/post/read/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html

Muhamadulbakir yaakub, & Othman, K. (2014). The Foundation Of Knowledge Management: A Review From Conventional And Islamic Perspectives. Humanities and Social Sciences Review, 3, 65–77.

Mulyono, A., & Hidayat, Y. R. (2022). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Halal Di Indonesia. Res Publica : Journal of Social Policy Issues, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59689/rp.v1i1.38

Mustaqim, D. A. (2023). Sertifikasi Halal Sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen Muslim: Analisis Maqashid Syariah dan Hukum Positif. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.26

Nabeel, M., Ali, S., Shah, I., Almazah, M. M. A., & Al-Duais, F. S. (2023). Robust Surveillance Schemes Based on Proportional Hazard Model for Monitoring Reliability Data. Mathematics, 11(11), Article 11. https://doi.org/10.3390/math11112480

Naimat, N., Bakar, E. A., & Arif, A. M. M. (2022). Liability of the Manufacturer under Tort of Negligence on the Issue of Halal. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(10), Article 10. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i10.1808

Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/likuid.v1i1.12732

PENJELASAN ATAS UNDANG. (n.d.). Retrieved January 16, 2024, from https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1999/8TAHUN~1999UUPenj.htm

PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT UU NO 8 TAHUN 1999. (n.d.). Retrieved March 7, 2024, from https://disperindag.sumbarprov.go.id/details/news/9218

PP No. 69 Tahun 1999. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. Retrieved March 7, 2024, from http://peraturan.bpk.go.id/Details/54404

Prabowo, S., & Hudallah, M. F. (2023). Analisis Kelengkapan Produk Usaha Dalam Memenuhi Hukum Perlindungan Konsumen. PROGRESIF: Jurnal Hukum, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.33019/progresif.v17i2.4395

Prawira, I. A. (2022). Legal Protection for Consumers Through Halal Certification Mandate of Law Number 33 of 2014 Concerning Guarantees for Halal Products. Media Syari’ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial, 24(2), 207. https://doi.org/10.22373/jms.v24i2.11477

Renaldo, A. T., Dahwal, S., & Muslih, A. (2023). The Implementation Of Halal Product Guarantees For Traditional Food Entrepreneurs By The Indonesian Ulema Council According To Islamic Law And Law Number 33 Of 2014 Concerning Halal Product Guarantees In Bengkulu City. Bengkoelen Justice : Jurnal Ilmu Hukum, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jbengkoelenjust.v13i1.27796

Sakti, M., Suwadi, P., & Waluyo, B. (2023). Implementation of Halal Product Guarantee in Indonesia’s E-Commerce. International Journal of Professional Business Review, 8(4), e01391. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1391

Sari, N., & Iswara, P. D. (2023). Government Capacity to Guarantee Halal Products by Electronic Halal Application for Micro, Small, and Medium Enterprises. Varia Justicia, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.31603/variajusticia.v19i1.8911

Tahliani, H., & Renaldi, R. (2023). Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51476/syarie.v6i1.444

UU No. 7 Tahun 1996. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. Retrieved March 7, 2024, from http://peraturan.bpk.go.id/Details/46097/uu-no-7-tahun-1996

Wahyudiono, Maria Widyastuti, & Aminatuzzuhro. (2019). MANAJEMEN UMKM: Orientasi Peran Stakeholder Dalam Membangun Daya Saing UMKM. CV. Putra Media Nusantara (PMN).

Yulianto, Dian Irmansyah. (2023). Peran Sertifikasi Halal bagi Konsumen [Personal communication].

Zulham. (2013). Hukum Perlindungan Konsumen Kencana. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Qodir, A., & Muhim, A. (2024). PERAN PRODUSEN DALAM MELINDUNGI KONSUMEN MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.30653/ijma.202441.107

Issue

Section

Articles