PERSEPSI PELAJAR TERHADAP MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI PROPINSI LAMPUNG
Keywords:
Persepsi, Pelajar, Makanan dan Minuman HalalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pelajar terhadap makanan dan minuman halal di propinsi Lampung. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan pelajar dari berbagai tingkat satuan pendidikan muali dari Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/ MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SMK). Penelitian ini mencakup pertanyaan tentang pengetahuan pelajar tentang konsep halal, sertifikasi halal dan kesadaran dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 410 pelajar SD/MI sebanyak 91 orang, SMP/ MTs sebanyak 105 orang dan SMA/SMK/MA sebanyak 205 orang yang tersebar di seluruh propinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi awal pelajar yang berkaitan dengan produk yang bersertifikasi halal adalah produk yang berkualitas. Jawaban yang diperoleh dari responden yaitu sebanyak 54.8% responden menjawab sangat setuju, 36.8% responden menjawab setuju, 7.7% responden menjawab netral dan 0.3% responden menjawab tidak setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Sebagian besar pelajar terlah memiliki persepsi yang baik bahwa produk bersertifikasi halal adalah produk yang terlah terjamin memiliki kualitas yang baik. Namun pada kesadaran pelajar untuk tidak membeli bahan makan asing yang mencurigakan kehalalannya diperoleh respon sebanyak 46.6% responden menjawab sangat setuju, 42.1% responden menjawab setuju, sebanyak 8.9% responden menjawab netral, sebanyak 1.7% responden menjawab tidak setuju dan sebanyak 0.7% responden menjawab sangat tidak setuju.
References
Referensi
Adinugraha, H. H., & Isthika, W. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. PERISAI, Vol.1 no.3.
Anas, M., & Saputro, A. R. (2023). Persepsi Halal dan Pemahaman Sertifikasi Halal: Studi Deskriptif Analitik. MISYKAT AL-ANWAR JURNAL KAJIAN ISLAM DAN MASYARAKAT.
Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol.5 No.2.
Noraizan, M. (2019). Pendidikan Kesedaran Halal Melalui Kurikulum Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Islam Sekolah-Sekolah Di Malaysia. GIAT, Spesial Issue.
Rofita, Helsy Zella, “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik”, (Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 2017
Santika, D. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan Pangan Halal Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi 2018-2020. Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Jambi.
Setyaningsih, Eka Dyah dan Sofyan Marwansyah, The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decision on Buying Halal Food Products, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Bina Sarana Informatika Vol. 3 No. 1 (Mei 2019).
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta CV, 2012
Tamara, A. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung.
Tarigan, Eka Dewi Setia, ”Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Medan area Medan”.Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen,Vol. 3 No. 1, (November 2016)
Tsani, A. F., & Susilo, H. (2021). HALAL AND THAYYIB FOOD IN ISLAMIC SHARIA PERSPECTIVE (MAKANAN HALAL DAN THAYYIB DALAM PERSPEKTIF SYARIAT ISLAM). IJMA: Internasional Journal Mathla’ul ANAWAR Of Halal Isue, Vol.1 Nomor 1.